Senin, 19 Maret 2012

Humming Bird



Tahukah kalian bahwa ada burung yang berukuran sebesar serangga?
Kali ini OSK akan membahas tentang burung itu.


Burung Koligri adalah burung terkecil didunia, dengan ukuran panjang tubuh 7-8 cm, dan lebar sayap 8-11 cm. Bahkan berat burung ini hanya 2-6 gram ! Tapi dengan tubuh kecilnya itu, burung ini dapat menghisap nectar sama seperti lebah.


Kemampuan burung ini sudah tak meragukan lagi. Burung ini dapat mengepakkan sayapnya sebanyak 35 kali per detik, bahkan pada saat menghisap nectar burung ini dapat mengepakkan sayapnya 55 kali per detik! Dan hebatnya lagi burung ini dapat terbang sampai 100 km/jam, dan burung kolibri dinobatkan sebagai satu-satunya burung yang dapat terbang mundur!

Kalau gak percaya bisa lihat video ini!



Kalian tentu heran kan, apakah Kolibri merasa capek mengepakkan sayap sebanyak itu? Tidak dong, karena tubuhnya telah didesain mendukung gerakan sayapnya. Ia mempunyai sistem pernafasan yang efisien sehingga dapat memasok oksigen yang cukup untuk laju metabolismenya yang tinggi.


Kolibri memiliki jantung yang bisa memompa darah dengan sangat cepat. Dalam satu menit, jantungnya bisa berdenyut hingga 1.260 kali. Stamina burung ini juga sangat tinggi sehingga selain dapat terbang cepat, burung ini juga dapat terbang jauh dan lama. Misalnya salah satu spesies burung Kolibri di Meksiko bisa terbang hingga sejauh 800 km tanpa berhenti untuk bermigrasi.

Untuk mendukung kemampuan terbangnya, otot dan tulang Kolibri telah beradaptasi. Tulang sayap Kolibri memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan burung pada umumnya, yaitu sambungan tulang sayapnya berbentuk bola kecil, menyebabkan Kolibri memiliki pergerakan sayap yang fleksibel. Pergerakan sayap ini membuat Kolibri mampu terbang ke arah vertikal maupun horizontal ketika mengisap madu.
Karena metabolisme Kolibri tinggi, ia memerlukan asupan kalori yang cukup. Makanya Kolibri kalau makan gembul sekali, loh. Setiap hari ia mengisap madu sebanyak dua kali berat badannya! Dibutuhkan ribuan bunga dihisap Kolibri untuk memenuhi kebutuhannya. Uniknya, jika makanan langka, Kolibri bisa beradaptasi. Jantungnya beralih ke periode lamban yakni hanya berdenyut 50-180 kali per menit.
Kolibri makan madu langsung dari bunganya. Paruhnya yang panjang akan menghisap nektar di dasar bunga. Ia juga termasuk yang suka pilih-pilih bunga, loh. Kolibri menolak bunga yang kadar nektar-nya kurang dari 10%. Ia lebih menyukai bunga yang terasa sangat manis.
Ternyata madu saja tidak cukup untuk asupan gizi. Bayi Kolibri akan diberi makan oleh induknya berupa serangga dan laba-laba. Sehingga mereka mendapat protein, asam amino, mineral dan vitamin yang cukup. Kolibri termasuk burung yang telaten merawat anaknya. Dalam setiap sarang, hanya dipelihara 2 butir telur. Burung Kolibri termasuk burung yang berumur pendek, rata-rata burung kolibri hanya hidup selama 2-4 tahun.
Kerenkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar