Kamis, 26 April 2012

Archer Fish


Ikan sumpit atau Archer Fish dikenal luas di India, Asia Tenggara termasuk Indonesia, Australia danPasifik Barat. Nama ilmiahnya Toxotes jaculatrix, Taxotes berarti “pemanah”. Namun bukan berarti ia benar-benar memanah. Mungkin yang paling tepat menggambarkan cara berburunya adalah dengan melihat nama lokalnya, ikan sumpit, ikan ini memang menyumpit.Tapi kalau dilihat sekilas seperti pistol air.
Lidahnya dan langit-langit mulutnya membentuk sebuah tabung. Dengan mengatupkan dan menghentakkan insang-insangnya keras-keras, air dapat terpompa keluar membentuk tembakan yang keras. Archer Fish dewasa yang panjangnya mencapai 40 cm, dapat membuat tembakan setinggi 2-3meter. Tetapi tembakan yang paling akurat adalah pada ketinggian 1-1,5 meter dari permukaan air. Lebih dari itu, banyak yang meleset. Semakin kecil ikannya, tembakannya semakin lemah. Seekor ikan sumpit muda yang panjangnya hanya 1-2 sentimeter hanya bisa menembak sejauh 20-30 cm.
Mulut Archer Fish itu sendiri muncul di permukaan saat Archer Fish akan menembak. Mirip periskop kapal selam. Sementara bagian tubuhnya yang lain tetap berada di dalam air. Matanya yang besar dan berada di dekat mulutnya, membuatnya mampu membidik mangsanya dengan jitu. Jika sasaran terkunci, tembakan dilepaskan. Bukan hanya satu tembakan, tetapi ikan ini mampu membombardir sasarannya hingga tujuh kali tembakan. Jika tembakannya gagal, ikan sumpit masih punya cara lain yaitu dengan menyergap mangsa dengan rahangnya yang besar.
Selain terkenal sebagai penmembak handal, ikan ini juga dikenal memiliki keunggulan dalam meloncat dan menyergap mangsanya. Loncatannya bisa mencapai 30 sentimeter. Sesungguhnya jika posisi mangsanya tak terlalu tinggi dari permukaan air, ikan sumpit akan menjadi ikan pelompat. Anehnya, jika sergapannya gagal, ia tak malu-malu lagi menjalani profesi lamanya sebagai Archer fish.
Serangga yang menjadi mangsanya tak akan mudah mengetahui kedatangan Archer Fish. Ini kelebihan Archer Fish yang lain. Ikan ini dapat menyelinap diam-diam tanpa terlihat musuhnya karena tubuhnya yang pipih. Tubuh bagian atasnya yang rata dan berwarna hitam putih membuat tubuhnya mirip bayangan daun. Archer Fish panjangnya mencapai 40 cm. Tetapi kebanyakkan hanya 25 cm. Beratnya 750 gram. Bentuk tubuhnya mirip pisau. Runcing di depan dan lebar di belakang. Jantan dan betina kelihatan sama. Ikan ini juga sering berburu bersama-sama
Archer fish The Robin Hood In The Water!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar