Kamis, 22 Maret 2012

Super Conductor

Tahukah kalian ada benda yang lebih keren dibandingkan magnet?
jika kalian ingin tahu silahkan baca posting tentang Superconductor
Superconduction adalah sebuah fenomena yang terjadi dalam beberapa material pada suhu rendah, dicirikan dengan ketiadaan hambatan listrik dan "dampin" dari medan magnet interior (efek meissner).Superconduction adalah sebuah fenomena mekanika-kuantum yang berbeda dari konduktivitas sempurna.Dalam Superconductor konvensional, Superconduction disebabkan oleh sebuah gaya tarik antara elektron konduksi tertentu yang meningkat dari pertukaran phonon, yang menyebabkan elektron konduksi memperlihatkan fase superfluida terdiri dari pasangan elektron yang berhubungan.
Superconduction terjadi di berbagai macam material, termasuk unsur sederhana seperti timah dan alumunium, beberapa logam alloy, beberapa semi konduktor di-dop-berat, dan beberapa "compound"keramik berisi bidang atom tembaga dan oksigen. Kelas compound yang terkahir, dikenal sebagai kuprat, adalah Superconductor suhu-tinggi.
Superconduction tidak terjadi dalam logam mulia seperti emas dan perak, atau di banyak logam ferromagnetik, meskipun ada beberapa material menampilkan baik Superconduction dan ferromagnetisme telah ditemukan tahun-tahun belakangan ini.
Meski mungil, alat tersebut mampu menghasilkan muatan arus listrik yang sangat besar serta memiliki ketahanan terhadap temperatur tinggi?karena mempergunakan nitrogen cair. Kelebihan lainnya, superconductor tersebut mampu membawa pulsa gelombang listrik 200 kali lebih cepat dibandingkan dengan penghantar jenis tembaga
Menurut Dean Peterson, direktur penelitiannya, cara kerja superconductor adalah memadatkan bahan material YBCO (yttrium barium copper oxide, lilitan tembaga itrium barium oksida) pada film keramik. Lapisan keramik ini akan menghasilkan partikel-partikel elektron bermuatan listrik pada lapisan penyanggah. Selanjutnya, lapisan penyanggah ini membangkitkan pulsa gelombang elektromagnetik di kristal superconductor secara sempurna. Hasilnya muatan arus listrik yang mencapai 6 juta meter elektron, atau hampir sama dengan satu miliar mikro-ampere, untuk setiap satu sentimeter superconductor.Superconductor sekarang telah dipakai pada rel kereta super cepat, dan kedepannya nanti ini akan digunakan untuk membuat mobil melayang!
wow! kerenkan penemuan ini.




3 komentar:

  1. Awesome!
    Sangat menambah wawasan, sampai-sampai saya jadi ranking tiga di kelas.
    jkjk










































    Keren gan!

    BalasHapus