Senin, 14 Mei 2012

The Dancing House

The Dancing House merupakan sebutan untuk bangunan kantor yang terletak di kota Prague, Republik Ceko. Didesain oleh arsitek kelahiran Kroasia, Vlado Milunic bekerja sama dengan arsitek dari Kanada Frank Gehry. Pembagunan gedung dimulai pada tahun 1994 dan baru selesai pada tahun 1996.
Gedung ini merupakan salah satu bukti sejarah besar dalam perang dunia kedua, sebelum di bangunnya gedung ini sebuah rumah telah hancur akibat serangan bom. Di dekat sana pernah di tinggali oleh mantan presiden Republik Ceko yaitu Vaclav Havel.
Vaclav Havel pernah menghabiskan masa kecilnya di sini dan akhirnya ia meminta seorang arsitek modern yang bernama Vlado Milunic untuk menjadikan tempat itu sebagai pusat budaya, ING Bank mendanai semua biaya pembangunan, dan meminta Vlado Milunic untuk bekerja sama dengan arsitek terkenal lainnya. 
Desain gedung yang futuristik ini diharapkan bisa menjadi salah satu pusat kebudayaan di negara itu. Aslinya bernama ‘Fred and Ginger’ yang berasal dari nama Fred Astaire dan Ginger Rogers, dan berada di antara gedung Neo-Baroque, Neo-Gothic dan Art Nouveau yang sangat terkenal di Prague.
bangunan ini di dukung oleh 99 panel beton yang berbeda bentuk dan ukuran, diatas bengunan terdapat sebuah struktur logam yang dikenal bernama Medusa. Interior bangunan ini diisi dengan interior abad ke-18 dan abad ke-19. bengunan ini terdapat dua bangunan inti yaitu, menara kaca dan sebuah gedung yang memiliki kaca - kaca yang bergelombang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar