Senin, 14 Mei 2012

HAPI drum

HAPI drum adalah instrumen musik yang diciptakan pada abad ini, HAPI drum memiliki bentuk yang sangat unik jika dibandingkan dengan drum -drum yang lain. Selain bentuknya yang unik ternyata bunyi dari HAPI drum sendiri juga unik.
HAPI drum dibentuk oleh lempeng baja yang dapat bergetar, konsep dari HAPI drum sangat mirip dengan drum lempeng kayu. Ketika lempeng kayu dipukul dengan cepat maka lempengan akan bergetar dan menghasilkan bunyi, biasanya drum semacam ini dipukul dengan jari atau tongkat palu. Bermain HAPI drum sama seperti bermain HANG drum meskipun alat musik ini hanya memiliki kesamaan dalam cara memainkannya saja.
HAPI drum dibuat dengan perhitungan dimensi yang sangat presisi sehingga menhasilkan bunyi yang harmonis, bukan hanya ada stau jenis nada saja tapi kita juga bisa menghasilkan nada yang lain. Bunyi dari HAPI drum mirip dengan Singging bowls dan Musical bells yang dapat menghasilkan nada harmonik ganda.
HAPI drum memiliki ruang kosong di dalamnya yang bertindak sebagai ruang beresonansi, dan bagian terbuka di bawah HAPI drum memiliki tiga fungsi, yaitu: Lubang bagian bawah berfungsi sebagai tempat keluarnya bunyi dan meningkatka volume bunyi, Lubang ini juga mengeluarkan bunyi sehingga nada - nadanya tidak saling tumpang tindih, Lubang ini juga bisa digunakan pemain dengan membuka atau menutupnya agar menghasilkan tingkat resonansi yang berbeda untuk efek yang berbeda
HAPI drum memiliki tambahan fitur "Dampening" untuk menjaga suara agar tidak sumbang, dengan teknik khusus HAPI drum dapat menghasilkan resonansi yang baik dan meredam suara dengan jumlah yang pas.
HAPI drum bisa dimainkan dengan jari atau menggunakan palu yang lunak. Banyak suara yang bisa kita buat dengan menggunakan berbagai teknik yang berbeda. Walaupun hanya dengan pukulan kecil HAPI drum tetap akan menghasilkan suara yang besar.


Jika kalian penasaran dengan HAPI drum kalian bisa mlihat video ini!

1 komentar: