Jumat, 16 Maret 2012

Basking Shark

Hiu adalah hewan yang suka memakan daging. Saya yakin itu adalah pikiran kalian terhadap hiu tapi kali ini saya akan memberikan informasi tentang hiu yang memakan plankton seperti ikan-ikan kecil, dan hiu itu adalah Basking Shark.
Basking Shark adalah ikan terbesar kedua di dunia. Hiu ini memiliki moncong berbentuk kerucut dan celah insang yang mengelilingi hampir seluruh bagian atas dan samping kepalanya, Ini alat penyapu insang berwarna gelap dan digunakan untuk menangkap plankton sebagai penyaring air melalui mulut dan melalui insang. Basking Shark biasanya berwarna abu-abu kecoklatan dan kadang terdapat belang di tubuhnya. Gigi pada Basking Shark sangat kecil dan banyak biasanya berjumlah seratus per baris. Giginya memiliki bentuk runcing dan melengkung ke belakang.
Basking Shark tersebar di seluruh bagian utara dan selatan Samudera Atlantik, Laut Mediterania, utara dan selatan Samudera Pasifik, Laut Jepang, selatan Australia dan di seluruh Selandia Baru. Di perairan Kanada Basking Shark sering terlihat selama musim panas dan musim gugur (Mei sampai September) di dekat dan di sekitar garis pantai. Hal ini berkisar dari White Bay dan Notre Dame Bay Newfoundland, ke Teluk St Lawrence, di Shelf Scotian, di sepanjang garis pantai Nova Scotia, di Teluk Fundy dan selatan menuju perbatasan AS.
Di perairan Kanada Basking Shark sering terlihat selama musim panas dan musim gugur (Mei sampai September) di dekat dan di sekitar garis pantai. Hal ini berkisar dari White Bay dan Notre Dame Bay Newfoundland, ke Teluk St Lawrence, di Shelf Scotian, di sepanjang garis pantai Nova Scotia, di Teluk Fundy dan selatan menuju perbatasan AS. Di perairan Kanada Basking Shark sering terlihat selama musim panas dan musim gugur (Mei sampai September) di dekat dan di sekitar garis pantai. Hal ini berkisar dari White Bay dan Notre Dame Bay Newfoundland, ke Teluk St Lawrence, di Shelf Scotian, di sepanjang garis pantai Nova Scotia, di Teluk Fundy dan selatan menuju perbatasan AS.
Basking Shark sering ditemukan di kedalaman 200 sampai 2000 m dari permukaan laut, tetapi Basking Shark sering terlihat sangat dekat dengan permukaan air di sepanjang pantai Nova Scotia dan New Brunswick pada bulan-bulan musim semi dan musim panas. Di daerah lepas pantai, sering ditemukan di dekat oceanic front pada suhu antara 7-16 Celcius derajat.
Basking Shark terkecil yang sedang berenang bebas ditemukan dengan panjang 165 cm. Basking Shark dapat mencapai panjang minimal 10 meter, tetapi ukuran rata-ratanya 7-9 meter dan dapat hidup sampai 50 tahun. Ini adalah spesies yang bermigrasi. Meskipun pergerakan musiman yang tidak diketahui, hewan-hewan ini dapat bermigrasi ke perairan selatan selama musim dingin. Basking Shark pernah tertangkap satelit di eropa sedang berenang melintasi Atlantik ke perairan Newfoundland.

Mereka diduga berkembang biak secara Ovovivipar. Dengan periode kehamilan 2-3 tahun. Basking Shark muda umumnya memiliki panjang 1,5 - 1,7 meter. Setelah dewasa panjang mereka sekitar 4,6 - 6,1 meter. 

Basking Shark memang hampir mirip dengan Whale Shark tapi mereka berbeda. Untuk melihat perbedaannya bisa lihat gambar ini!
Nah! Udah taukan kalau gak semua hiu itu makan daging. Sekarang kalian udah dapat wawasan baru deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar