Rabu, 28 Maret 2012

Aldrovanda Vesiculosa

Aldrovanda vesiculosa, juga dikenal sebagai tanaman kincir air, adalah tanaman menarik tanpa akar, karnivora, dan juga tanaman air. biasanya memakan vertebrata kecil, menggunakan mekanisme yang disebut perangkap-perangkap snap.
Tanaman ini terutama terdiri dari batang yang mengambang bebas, panjangnya mencapai 6 - 11cm. Daun perangkapnya tumbuh sepanjang 2-3mm. Perangkap itu melekat pada petioles, yang berisi udara, dan membantu dalam pengapungan.
Tanaman berkembang sangat cepat dan bisa mencapai 4-9mm per hari, dalam beberapa hal bahkan menghasilkan ulir baru setiap hari. Tanaman ini tumbuh dari satu ujung, ujung lainnya akan terus mati. Perangkapnya pada dasarnya terdiri dari dua lobus yang sama untuk membuat perangkap menutup.
 Perangkap akan bekerja ketika ada benda yang menyentuh rambut-rambut disekeliling lobus, yang akan menyebabkan perangkap menutup saat setiap mangsa yang datang terlalu dekat. kecepatan perangkap menutup adalah 10 mili/detik, membuatnya menjadi salah satu contoh gerakan tercepat tanaman dalam kerajaan tumbuhan.
Ini adalah gambaran saat tanaman ini menjebak mangsanya!
Aldrovanda Vesiculosa adalah tanaman karnivora yang paling banyak tersebar, tanaman ini adalah tanaman asli Eropa, tapi juga bisa ditemikan di Asia Afrika, Australia. tanaman ini menyebar dengan bantuan burung, sehingga tanaman ini banyak ditemukan di rute perjalanan burung.
Kalau dilihat sekilas jebakan tanaman ini seperti venus ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar