Rabu, 28 Maret 2012

Special Effect

Kalian pernah melihat film-film Hollywood?
kalu pernah kalian akan kagum dengan efek yang ada pada film tersebut, agar kalian tahu lebih jauh OSK akan memberitahu kalian!


Special Effects atau Efek Spesial di dalam bahasa Indonesia, sering disingkat SFX atau SPFX banyak digunakan di dalam dunia film, pertelevisian dan hiburan. Dengan definisi ini,efek spesial tidak cuma terdapat dalam film, seperti yang diketahui masyarakat awam.
Sejarah efek khusus dimulai bahkan sebelum kamera ditemukan. Selama 1700-an, penyihir menggunakan banyak teknik untuk melakukan ilusi optik dan memukau penonton mereka. Teknik ini membentuk dasar-dasar efek khusus. Salah satu efek paling banyak digunakan dalam pertunjukan sulap selama periode ini adalah memanggil orang mati.
Sebuah kotak kecil dengan sumber cahaya dan slide semi-transparan yang digunakan untuk memproyeksikan gambar dari tokoh-tokoh sejarah ke kolom asap mengepul atau kain. Hal ini memberikan gerakan hantu ke foto, menakutkan penonton sampai-sampai beberapa penyihir dipenjara karna pekerjaan setan mereka.
Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas. Jadi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segala macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek spesial.

Efek spesial merupakan kombinasi dari seni dan teknologi. Dari sisi teknologi, tidak cuma penguasaan teknologi yang digunakan, namun juga pengetahuan bagaimana indera manusia menangkap gambaran yang akan diterima oleh otak.
Sedangkan sisi seni, berperan tentang bagaimana teknologi tersebut digunakan untuk mencapai hal tersebut. Yang akan dilakukan para ahli efek spesial adalah bagaimana menipu indera manusia, terutama audio-visual, bahwa seakan-akan hal tersebut terjadi.
Jadi mulai saat ini kalian akan mengetahui tentang spesial efek yang kalian tonton!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar